Pertemuan BBKP Belawan dengan Pelaku Usaha (Importir Hortikultura)

Pertemuan BBKP Belawan dengan Pelaku Usaha (Importir Hortikultura)

Belawan, 10/04/2013

Balai Besar Karantina Pertanian Belawan yang diwakili Kepala Bidang Karantina Tumbuhan     ( Ir. Parlin R. Sitanggang), Kepala Seksi Insartek (Bambang Sayudi, SP) serta Korjafung (Ir. Ahmad Zulpan) mengadakan pertemuan dengan Pelaku Usaha Importir Produk Hortikultura khususnya importir bawang. Di dalam pertemuan tersebut arahan dari Kabid. Tumbuhan agar mentaati semua peraturan serta prosedur karantina yaitu Peraturan Menteri Pertanian No. 43/Permentan/OT.140/6/2012, Peraturan Menteri Pertanian No. 42/Permentan/OT.140/6/2012 serta Peraturan Menteri Pertanian No. 60/Permentan/OT.140/9/2012.

Arahan Kabid. Tumbuhan semua komoditi bawang untuk pengambilan sampel oleh Petugas Pengambil Contoh (PPC) sewaktu petugas Bea Cukai bahandel serentak dengan petugas karantina, kemudian komoditi tersebut selesai diambil contoh, masih tetap berada pada lini 1 (satu) Bea Cukai yaitu di Belawan International Container Terminal (BICT) atau di Instalasi Karantina Tumbuhan, sampai menunggu hasil laboratorium media pembawa OPT/OPTK dan hasil laboratorium uji Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT). Apabila hasil kedua laboratorium tersebut telah ada dan tidak ditemukan target pest dan dibawah BMR maka pemilik barang meminta KT-9 untuk diterbitkan. Setelah pemilik barang membayar tarif jasa karantina (PNBP) maka diterbitkan KT-9 dan container akan diberi stiker kuning yang berarti telah dilakukan tindakan karantina tumbuhan/pengawasan keamanan PSAT oleh petugas karantina tumbuhan dan pemilik barang dapat membawa komoditas tersebut untuk diperdagangkan.

Dari hasil pertemuan tersebut semua pelaku usaha menyetujui untuk mengikuti prosedur tersebut. Demikian pertemuan dengan pelaku usaha yang terdiri dari :

  1. CV. Mahkota Baru
  2. PT. Lintas Buana Unggul
  3. PT. Juma Berlian Exim
  4. PT.Tunas Sumber Rezki
  5. PT. Lancar M. Sejahtera
  6. UD. Adil Lestari
  7. CV. Kapuas Jaya Abadi
  8. PT. tropical Pusaka Indo
  9. PT. Jaka Marintama
  10. PT. Sumber Alam Perkasa
  11. PT. Lika daya Utama
  12. PT. Bintang Segar Alami
  13. PT. Aneka Rasa Utama
  14. PT. Tunas Maju mandiri
  15. PT. Tunas Maju Sejahtera
  16. PT. Lindha Putra Mandiri
  17. PT. Tugu Jaya Mandiri
  18. PT. Graha Mitra Properti
  19.  PT. Meta Jaya Nusantara
  20.  PT. Wahana Mitra Mulia
  21.  PT. Cahaya Anugerah Abadi
  22.  PT. Binang Loria Enterprindo
  23.  PT. Buana Agro Bisnis
  24. PT. Exindokarsa Agung
  25. PT. Harapan Utama
  26. PT. Tri Tunggal Sukses
  27. PT. Botanika Indonesia
  28. CV. Sinar Makmur Prima

web 1       web2

 

0 Comments

Leave A Reply