Pra Seminar Hasil Pemantauan BBKP Belawan Tahun 2013

Pra Seminar Hasil Pemantauan BBKP Belawan Tahun 2013

Belawan, 03/09/2013

Pra Seminar Hasil Pemantauan Daerah Sebar OPT/OPTK BBKP Belawan yang diadakan di kantor BBKP Belawan Jalan Sulawesi II Belawan tanggal 03 September 2013 dihadiri oleh Bapak Ir. Parlin R. sitanggang (Kabid. KT), Bapak Bambang Sayudi, SP (Kasie Insartek KT), Bapak Sudiwan Situmorang, SP (Kasie Yanops KT) serta Bapak Ir. Ahmad Zulfan (Korjafung) sebagai narasumber dan dihadiri oleh seluruh POPT BBKP Belawan. Pra seminar hasil pemantauan daerah sebar OPT/OPTK ini dilakukan untuk mengetahui hasil pemantauan yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2013 sampai dengan bulan Juni 2013 sebelum dilanjutkan ke seminar selanjutnya bersama Dinas Pertanian daerah yang dipantau yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 16 September 2013, yang kemudian akan dilanjutkan ke Seminar Pemantauan Daerah Sebar OPT/OPTK secara Nasional pada bulan Oktober 2013.

Pemantauan dilakukan di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Simalungun yang dilakukan pada dua musim yaitu musim hujan (musim basah) dan musim kemarau (musim kering)

Berdasarkan hasil  pemantauan Organisme Pengganggu Tumbuhan dan wawancara,  serta hasil pengamatan dilokasi  dilanjutkan  identifikasi di laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Ditemukan Ralstonia Solanacearum Ras 2 pada tanaman pisang di kabupaten Humbang Hasundutan yang merupakan OPT target pemantauan, sedangkan yang lainnya merupakan OPT penting atau OPT kosmopolit yang sering muncul dan sudah menyebar khususnya di daerah Sumatera Utara.

Sedangkan untuk target OPT/OPTK pemantauan yang lainnya (Balansia oryzae, Pantoea stewartii, Helminthosporium solani dan plasmodiophora brassicae) tidak ditemukan.

1234

 

 

0 Comments

Leave A Reply